Hal yang paling berkesan dari naik transportasi umum itu adalah adaaaa aja ceritanya tiap hari. Hal ini pernah gue omongin bareng anak-anak kantor di jam makan siang, salah satunya adalah kehebatan kenek bus dalam mengatur formasi dan koreografi para penumpangnya. Kalau di Patas yang biasa gue naikin dari Blok M, abang keneknya biasa ngaturnya kayak gini:

"Yak digeser ya, kiri-kanan kiri-kanan. Tengahnya masih kosong, mbak coba geser mbak!"

Ini ternyata gak se-epic yang dialami Dinda kalau lagi naik bus kota non-AC. Kalau di busnya Dinda, si abang kenek ngaturnya lebih epic lagi.

"Mbak yang pake jilbab coba digeser ke dalam ya mbak, nah itu yang baju merah pegangannya pake tangan kiri aja!"

Dinda meragain si abang kenek dengan epic, gue ampe terperangah (bukan, bukan karena gayanya Dinda) karena bisa-bisanya seorang abang kenek seniat itu ngatur penumpang.

Sumber

Sejak mulai semester baru kuliah (lagi), 9 Februari, gue masih nyoba-nyoba angkutan umum yang paling asik buat menuju rumah. Gue kuliah di Salemba, jam pulang kuliahnya adalah jam prime time pulang kantor. Nanya-nanya ke @NaikUmum dan @kondekturbus_, buat ke rumah gue itu lebih enak kalau dari Senen. Dari Senen ada 4 macam bus yang bisa gue pilih. Rutenya mirip-mirip, via Roxy atau Tomang. Cuma satu yang beda, via Sudirman. Gue udah nyoba keempat-empatnya (juga naik TransJakarta), turns out ga ada yang enak. Roxy dan Tomang macetnya setengah mati karena lampu merahnya banyak, sementara yang ke Sudirman gue ngerasanya jauh banget karena Salemba kan deket ya ke Sudirman, ngapain gue harus ke Senen dulu kalo gitu? 

AKHIRNYA, gue mendapati kalau naik bus PPD dari Menteng lebih enak. Dia lewat Taman Suropati terus ke Sudirman . Emang jalan kakinya agak jauh dulu sih, tapi yaudahlahya! :)) Nah, gue akhirnya merasakan juga kejadian abang kenek epic yang ngatur-ngatur formasi dan koreografi penumpang di bus ini. Kejadiannya baru aja Jumat kemarin.

Gue udah nggak kebagian duduk dari Menteng, tapi belum banyak yang berdiri jadi gue langsung aja melipir ke tengah bus sebelum abangnya ngamuk-ngamuk. Memasuki Thamrin, bus tiba-tiba jadi penuh. Penuh yang kayak jadi pepes gitu, yang sering naik angkutan umum pasti paham penuh biasa dan penuh pepes.

Saat bus masih penuh biasa, si abang kenek berteriak di jalan:

"Ayo, masih kosong-masih kosong!"

Saat bus penuh pepes, teriakan si abang kenek:

"Digeser lagi yaa ke dalem, tiga baris dong tiga baris! Ongkosnya ayo disiapin biar sekalian!" 

Tak hanya sampai di situ, si kenek bahkan literally menggerakkan badan penumpang seolah-olah penumpang itu manekin: 

"Geser ke sini ya mbak masih muat. Nah, pinter."

Dan yang gue paling bingung adalah setiap lewat, si kenek nyolek semua pundak penumpang minta ongkos melulu! Lah emangnya dia nggak inget siapa yang udah bayar siapa yang belooom? :'''))

Kelegaan yang teramat sangat tentulah saat turun dari bus, sambil samar-samar menghirup polusi dari knalpot kendaraan yang lain. Belom, gue belom kapok naik angkutan umum, soalnya ceritanya ada-ada aja. Kayak gini ini nih. Kalau kamu, kejadian epic apa yang pernah kamu alami selama naik angkutan umum?