((Disclaimer: no spoiler here! yeay!))


"Hi everyone, I'm Olaf. And I love warm hugs!"


Judul : Frozen
Cast : Kristen Bell, Josh Gad, Jonathan Groff, Idina Menzel, etc.
Sutradara : Chris Buck, Jennifer Lee
Produksi : Disney
Durasi : 108 menit 

Elsa (Idina Menzel) mempunyai kekuatan sihir es sejak lahir dan sulit mengontrolnya hingga suatu saat ia membekukan seluruh daerah di kerajaan Arandelle. Kekagetan masyarakat yang melihat sihirnya itu kemudian membuat Elsa melarikan diri ke Gunung Utara. Adik Elsa, Anna (Kristen Bell), berusaha mengejar Elsa agar sihir es tersebut dapat berakhir. Perjalanan Anna tentu saja tidak mulus karena melewati badai salju namun dalam perjalanannya itu Anna menemukan teman baru Kristoff (Jonathan Groff) dan rusanya, Sven, serta bertemu dengan para troll dan Olaf (Josh Gad): boneka salju yang dulu pernah dibuat Anna bersama Elsa. Berhasilkah Anna menghentikan sihir es Elsa dan melindungi kerajaan Arandelle dari niat jahat seseorang?

Disney is back alone! Biasanya Disney bekerja sama dengan Pixar untuk membuat film animasi, namun kali ini Disney kembali membuatnya sendiri. Mengadaptasi karya Hans Christian Andersen yang berjudul The Snow Queen, Frozen diberikan sentuhan khas film Disney: musikal; penuh tarian dan nyanyian. Lagu-lagu tersebut dinyanyikan sendiri oleh pemerannya dengan baik. Hal ini tentu saja mengingat pemeran-pemerannya yang punya latar belakang menyanyi: sebut saja Jonathan Groff dan Idina Menzel yang juga bermain dalam serial Glee. Lagu-lagunya menyenangkan dan bagus banget, saya pribadi suka lagu yang dinyanyikan oleh para troll.

Dari sisi cerita dan pesan moralnya, Frozen has given its best. Sebagai film animasi dengan target anak-anak, cukup jelas siapa yang protagonis dan antagonis. Bumbu humor yang tersaji juga diterima dengan baik oleh penonton (kala saya menonton banyak anak-anak dan film tersebut memberikan tawa bagi mereka). Pesan moralnya juga bagus: bahwa hati sedingin es dapat dicairkan oleh perbuatan cinta/ kasih. #tsaaaah

Selagi meresensi film ini, saya iseng-iseng membuka IMDB dan menemukan bahwa Frozen punya after credits scene! Ah nyesel keburu cabut, padahal udah nontonin credits-nya sampai bagian Music. :'' Jadi kesimpulannya, film ini bagus banget dan cocok untuk anak-anak, dan jangan lupa untuk pantengin filmnya sampai habis bis!