ITS EXPO 2013, Surabaya, 22-23 April 2013

Awal mula cerita ini adalah dari ditawari Mulkan ikutan AMFIBI ITS EXPO 2013, sebuah Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa gitu. Sesuai namanya, penyelenggaranya adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Tema lombanya kurang lebih tentang kemaritiman Indonesia. Kemudian gue ngajak Melvin, dan kami bertiga jadi satu tim. Prosedur lombanya itu terdiri dari beberapa tahap: kirim abstrak, kalau lolos kirim karya tulisnya, kalau lolos lagi presentasi di Surabaya. Topik yang kami usung adalah tentang pembentukan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) Barat-Timur; yang terbentang di Laut Jawa. Long story short, kami berhasil sampai di tahap presentasi di Surabaya. Untuk cerita rincinya, ribet-ribetnya melalui tahap-tahap tersebut, bisa dilihat di sini.

Gue sekarang mau sedikit komentar serta memberikan kredit untuk kepanitiaan LKTI AMFIBI ITS EXPO 2013 ini. Jadi ceritanya gue itu udah sampai di Surabaya hari Minggu, karena katanya technical meeting itu Senin pagi jam 10. Ternyata molor jadi Senin abis maghrib, dengan alasan banyak yang baru sampai dari berbagai daerah jadi biar bisa nafas dulu. Sementara gue udah di ITS dari jam 4 sore, karena disuruhnya dateng jam segitu ngeliat-ngeliat booth yang ada di sana. FYI, ITS EXPO ini sebenarnya kayak Bedah Kampus UI ditambah lomba-lomba tertentu. Isinya ya pameran jurusan-jurusan di ITS, yang mana sasarannya lebih tepat buat anak SMA bukan mahasiswa kayak kami-kami para peserta LKTI. :| Keesokan harinya pas jadwal presentasi, ngaret juga. Ada faktor force majeur hujan, jadi peserta datang rada terlambat dari penginapan (tim gue sih kebetulan ga pake fasilitas penginapan ini; jadi udah nunggu dari pagi sama beberapa peserta lainnya). Tapi, jurinya pada terlambat gitu, mana di tengah-tengah lomba ada yang punya acara dadakan lah... Mula-mula 3 juri, terus jadi 2 juri (dan 2 juri itu gak selalu orang yang sama pula). 

Good thing, biaya untuk keikutsertaan dalam lomba ini Rp100.000,-, tetapi fasilitasnya lumayan banget. Umumnya kalau ada LKTI gini, untuk akomodasi kita dikenakan biaya lagi. Gue kepo ke anak ITB yang pakai akomodasi dari mereka sih, katanya mereka gak dikenakan biaya tambahan lagi. Terus kami dapat makan dan snek juga, jadi lumayan banget. Patut dicontoh ini! Semoga review gue barusan bisa jadi bahan pembelajaran baik untuk panitia ITS EXPO dan juga kepanitiaan lainnya. :)

Oh iya, untuk result dari LKTInya sendiri:

Taken from @ITS_EXPO
L-R: UI, ITB, UnBraw, UnAir



Horeee! Puji Tuhan, tim dari UI berhasil meraih juara pertama. Tinjauan yuridis-normatif, di lomba yang diadakan oleh institut dengan ilmu pasti (eksakta). Bahagia banget. Alasannya adalah karena jadi bisa berkontribusi ke Fakultas Hukum Universitas Indonesia, almamater gue. Setidaknya meninggalkan sesuatu yang baik lah, sebelum lulus nanti. Omong-omong, pialanya sekarang udah ada di lobby fakultas:

Pialanya yang di tengah, bintangnya ada di kanan. Padahal perasaan pas gue dan temen-temen kasih, bintangnya di kiri. Lihat foto di atas sono deh. :))

Terima kasih Tuhan atas semua ini. Terima kasih untuk Dekanat FHUI yang sudah mendukung proses reimbursement dengan sigap. Terima kasih Mulkan sudah ngajak gue untuk bergabung ikutan LKTI ini. Lalu, terima kasih juga untuk keluarganya Melvin di Surabaya yang bersedia menampung gue dan ngajak keliling-keliling juga untuk tiga hari dua malam tersebut.

I'm proud of my team and myself :)