Kemarin dan hari ini, gue mengikuti Sekolah Pasar Modal (SPM) yang diadakan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). SPMnya masih yang reguler dan level 1 aja. Informasinya gue dapatkan via googling aja, jadi emang ceritanya gue dari dulu pengen banget ikutan SPM ini cuma terbentur dengan jadwal kuliah. Ternyata yang tahun ini pas banget sama gue yang lagi libur jadi akhirnya gue ikutan deh. Alasan lainnya adalah karena gue tidak mengambil mata kuliah Pasar Modal di kampus. Meski kalau di kampus sih kayaknya yang dibahas lebih ke arah pengaturannya ya.

Selama dua hari ini, SPM mengajarkan tentang dasar-dasar pasar modal. Secara umum, lebih ke arah cara kita ngeh dan baca keadaan pasar, serta mekanisme transaksinya. Acara ini kerjasama BEI dan beberapa perusahaan sekuritas, jadi pembicaranya ada dari BEI dan salah satu perusahaan sekuritas tersebut gitu deh. Overall, banyak pengetahuan baru yang gue dapatkan. Salah satunya adalah sekarang gue udah bisa baca indeks saham dan grafik. :)) Actually, banyak yang bisa baca itu hanya karena rajin baca koran dan gue selama ini selalu melewatkan bagian ekonomi jadinya nggak bisa baca itu deh. Pembicaranya juga beberapa menyenangkan dan nggak bikin ngantuk. FYI, acara ini gratis dan dapat makan siang serta sertifikat lho.

Acaranya sendiri mulai jam 9 sampai jam 16, sama kayak waktu running-nya bursa. Dan dari depan ruangan seminar, kita bisa ngeliat ke lantai bursa (yang ternyata gak crowded kayak di film-film zaman dulu, karena sekarang transaksi efek semua online). Menjelang jam 9 dan jam 16 kita bisa lihat orang-orang BEI melakukan seremonial opening dan  closing bursa gitu. Berikut foto lantai bursa dan keadaan pas closing:





"Kok BEI baik banget ngadain SPM gratis sik?"

Pertanyaan serupa dilontarkan sama bokap gue. Kalau menurut gue pribadi sih, selain karena untuk mengedukasi masyarakat mengenai pasar modal, rasa-rasanya BEI juga ingin membuat masyarakat Indonesia ikut serta menjadi investor bertransaksi di BEI. Sejauh ini kan banyak pihak asing yang main di BEI, jadi ketika kemarin ini pihak asing sempat keluar dari bursa, IHSG langsung jadi turuuuun~ :))

Gue pun mendapatkan fun fact, yang gue sesungguhnya baru tahu sih. Mungkin pemerhati ekonomi udah banyak yang tahu. Jadi, di BEI ada patung banteng gitu. Banteng bahasa Inggrisnya kan bull, ya. Sementara dalam pasar modal, bullish dikenal sebagai keadaan yang baik yaitu uptrend. Dinamakan demikian, karena - kata pembicaranya sih - kalo banteng mau ngehajar mangsanya kan ditanduk ke arah atas. Sepertinya harapannya biar IHSG naik terus dalam keadaan bullish ya.

Bantengnya nih :))


Nah, kalau foto yang di atas ini adalah jajaran Dewan Komisaris BEI masa jabatan 2011-2014 dan sebelum-sebelumnya. Di sebelah papan jajaran Dewan Komisaris ada juga jajaran Direksi sih tapi engga gue foto. Di antara jajaran Dewan Komisaris BEI itu, salah satunya adalah dosen di kampus gue. Yang di tengah (ketiga), namanya Prof. Felix; di kampus ngajar Organisasi Perusahaan.

SPM Level 1 ini tentunya akan berlanjut ke Level 2 yang akan dikhususkan untuk investor, tapi tidak tertutup juga buat umum. Pembahasannya lebih ke arah produk-produk pasar modalnya katanya. Terus akan ada SPM Syariah juga, gue pribadi cukup berminat sama yang namanya ekonomi syariah... So, let's see if I have time to join again. Bagi yang udah kelewatan SPM Level 1 ini, nanti BEI akan ngadain lagi sekitar pertengahan September 2013, jadi sering-sering aja pantengin situsnya atau langsung kirim surel.


"Terus-terus, abis ikut SPM jadi pengen jadi investor nggak?"

Uhmm... Gue pribadi sih belum berminat ya, abisnya belom punya dana buat diinvestasikan. Belom lulus dan kerja bok. :))
Tapi kalo dipikir-pikir ya, di tabungan ada tuh duit ngendep aja. Gedean biaya admin ama pajaknya pula daripada bunganya. -_-"




Beliin reksadana aja apa yak? :))
Entar dulu kali ya, 2014 ada pemilu nih. ;P