Kisah liburan ini terjadi pada 15-17 Agustus 2015, pas libur long weekend. Jelajah Semarang ini sendiri pun hasil detour gue dan temen-temen, karena aslinya kami mau ke Karimun Jawa! Waktu diajak ke Karimun Jawa gue udah semangat banget dong, langsung daftar buat ikutan. Personel yang awalnya mau ke Karimun Jawa adalah gue, Elmiko "juragankoppi" Oni, Reza, Lala, Nana yang kesemuanya adalah anak kantor, ditambah Stella temen gue dan Stella temennya Nana. Persiapan cakep banget, semua urusan administrasi cepet kita urus pake open trip biar gak ribet. Namun apa mau dikata, kami kalah sama cuaca..... H-1 alias 14 Agustus 2015 kita dapet kabar kalau kapal nggak bisa nyeberang karena ombak tinggi! #DHUAAAR. Langsung gak mood kerja di kantor. ='')) Gimana dong ini? Udah sewa mobil pun buat bawa kita sampe ke Semarang terus lanjut Jepara. Gue sendiri udah punya tiket pesawat Semarang-Jakarta. Akhirnya kita sepakat, detour! Stella temen gue, akhirnya urung berangkat dan tersisalah kami berenam.

Tapi kan anak-anak kantor taunya kami ke Karimun Jawa ya, jadi kami tetep stay cool sampe pulang kantor. :P Cuss jam 18.30 kita berangkat naik Elf menuju Semarang! Perjalanan ditempuh kurang lebih sebelas jam udah dengan lewat tol Cipali dan mampir-mampir pom bensin buat pipis. Terus kami menuju rumah Oni di Semarang ini buat numpang mandi bebersih dulu. Setelah itu, perut udah konser keroncong jadi langsung deh diboyong ama Oni ke Soto Mbak Lin (lokasinya deket Stadion).


Komentar: enyak dan mursidaaaa! =))) Gue pesen Nasi Soto Ayam, Sate Kerang, dan teh tawar cuma 13 ribu Rupiah! Oh iya, namanya makanan di tanah Jawa nih ya... Mau makanan kayak soto gini pun tetep ada unsur rasa manisnya. Habis itu, kami langsung diboyong Oni lagi ke Kota Lama Semarang. Kota Lama Semarang ini ya kalau di Jakarta kayak Kota Tua gitu deh.


Full squad di depan Gereja Blenduk! Terima kasih atas penemuan tripod murah meriah dan teknologi timer di kamera. (--,) Nah di dekat Gereja Blenduk ini ada Semarang Contemporary Art Gallery. Usut punya usut, ini gedungnya dikonservasi untuk dijadikan galeri di tahun 2007 dan dibuka untuk umum di tahun 2008. Sebelumnya, gedung tersebut pernah menjadi kantor perusahaan asuransi pertama di Indonesia "De Indische Lloyd" hingga kantor Perusahaan Besar Farmasi Tempo.


Harga tiket masuknya: 10 Ribu Rupiah. Suasananya khas kayak galeri-galeri pada umumnya: luas, minim tiang dan lampu-lampu siap menyorot ke instalasinya. Gue sendiri sebenarnya not into art gallery, terlebih lagi kalau nggak ada keterangan apapun di instalasinya! Kan jadi bingung ya maksud penciptanya apa: kenapa pakai bahan itu, kenapa warnanya begitu, judulnya apa, dan apa sih cerita di balik instalasi yang bersangkutan? 




Ini unik banget karena diletakkan di depan toilet

Yudi Sulistyo, Tribute to Marco Simoncelli, 2011
Material: paper, PVC pipes, painted used goods

Puas foto-foto artsy, termasuk juga foto grup cihuy yang bisa dilihat di blognya Oni.... Kita melipir ke Spiegel Bar and Bistro buat ngadem. Soalnya Semarang ini panasnya astaganaga lebih panas dari Jakarta! Suasana? Ala-ala Kafe Batavia. Harganya juga mirip ehehe.

Fotonya diambil pas sebelum ke Art Gallery, jadi tulisannya masih closed :P

Nah kami di sana sampe agak siangan jam 11 gitu deh. Tentunya sebagai social media savvy sepanjang pagi ini kami sibuk check-in di Path dong. Apa komentar anak-anak kantor? 

"Woy, kapan nyeberangnya sih ke Karimun Jawa?"