Katniss: "Any last advice?"
Haymitch: "Stay alive."


Judul: The Hunger Games: Catching Fire
Cast: Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson, Liam Hemsworth, etc.
Durasi: 146 menit
Produksi: Lionsgate

Setelah memenangkan kompetisi Hunger Games yang ke-74, Katniss dan Peeta melakukan victory tour ke berbagai distrik. Seperti yang telah terlihat juga di film sebelumnya, Katniss dan Peeta ini ceritanya lovebirds, tapi itu hanya on camera aja. Warga di berbagai distrik tersebut melihat kemenangan mereka berdua sebagai tanda untuk pemberontakan terhadap Capitol. Tentu saja itu bukan pertanda bagus, mengingat Capitol tetap mau berkuasa atas distrik-distrik itu. Akhirnya di Hunger Games ke-75 diadakanlah Quarter Quell, dimana pesertanya adalah pemenang-pemenang Hunger Games sebelum-sebelumnya dari masing-masing distrik. Berhasilkah Katniss kembali memenangkan Hunger Games ke-75 ini dan akankah pemberontakan terhadap Capitol terjadi?


((Disclaimer: You'd better want to watch the movie first before reading this review below. Spoiler alert!))


Tentang Keseluruhan Filmnya 
Bagus! 8 dari 10, deh. The outfits were awesome, the effects are pretty good. Gue memang belum baca bukunya sih, tapi secara garis besar masih bisa ngikutin filmnya meski ada beberapa plot-hole.
Gue agak ga bisa terima ketika seluruh peserta Quarter Quell udah mengeluarkan berbagai alasan dengan tujuan supaya acaranya bisa dibatalkan saja, tapi ternyata the show still goes on. Seharusnya, ada scene yang menjelaskan mengenai kenapa Quarter Quell tetap diadakan (titah dari President Snow atau apa kek), mengingat alasan-alasan mereka terutama alasannya Peeta itu cukup kontroversial. 
Selain itu, kekosongan plot ada lagi di menjelang akhir film. Johanna dan Peeta ditahan oleh Capitol, Katniss-nya enggak karena pelacak yang ditanam di badan Katniss udah dikeluarkan oleh Johanna. I mean, itu kenapa si Johanna gak keluarin pelacak dirinya sendiri cobaaaa?
Mungkin nanti gue perlu baca bukunya untuk tau lebih lanjut :))

Tentang Aktor-Aktrisnya
Jennifer Lawrence... Err, actually I am not a fan of her. Tapi rasa-rasanya, ya dia emang pas aja gitu memerankan Katniss. Cakep banget enggak, jelek juga enggak. Sempet ngebayangin gimana kalau Emma Watson aja yang jadi Katniss, tapi kayaknya gak pantes karena Emma terlalu cakep. :)) Sosok tangguh tapi rapuh yang ada di diri Katniss, udah diperankan baik oleh Jennifer Lawrence. She won an Oscar, remember? :))
Gue masih agak kurang sreg sama tokoh Effie Trinket yang diperankan Elizabeth Banks. Di film yang pertama, itu keren. Di film yang ini, agak kurang 'unik' gimana gitu. Peran ini menurut gue akan dibawakan dengan baik oleh Helena Bonham Carter, yang emang spesialis peran-peran unik dengan kostum yang unik pula (ingat: Alice in Wonderland).
Secara pribadi.... Suka sekali sama aktingnya Jena Malone as Johanna Mason dan Phillip Seymour Hoffman as Plutarch Heavensbee. Pas banget. :D

Tentang Cinta Segitiga
Adegan awal film ini ditandai dengan masih terbayang-bayangnya Katniss terhadap kompetisi Hunger Games itu sendiri. Rasa trauma habis membunuh orang buat survive itu masih terus ada. Gale (pacarnya Katniss off camera) berusaha terus menenangkan Katniss, meskipun dia sebenernya dongkol juga itu si Katniss mesra-mesraan ama Peeta. Katniss sendiri meyakinkan Gale bahwa antara dia dan Peeta itu gak ada apa-apa, dia cuma ngelakuin itu supaya tetep survive. Katniss sendiri udah memberi tanda ke Peeta bahwa hubungan itu akting aja, sementara Peeta tentu sajaaaaah... Ngarep sama Katniss.
Ya, awalnya gue percaya ajalah ya si Katniss ini anak baik-baik dan setia.... Pas Gale dicambuk orang Capitol pun, Katniss senantiasa menjaga... Kemesraannya sama Peeta ya on camera aja. Tentu saja pemirsa, si Katniss tidak seperti itu. Off camera, tetep ajalah ya itu mereka peluk-pelukan menjelang mau bobok. Puncak kekesalan gue: pas adegan Peeta ngasih liontin yang ada foto Gale-nya, supaya Katniss tetap bertahan jadi juara dan gapapa si Peeta aja yang mati. Katniss bilang apa? "I need you," terus dicipok juga dah itu si Peeta. Mbak mbak, itu depan sampeyan ada foto pacar sampeyan mbaaaak.... :|
Gue sih tetap berharap supaya in the end si Katniss bakalan ama Gale yak, kasian itu si Gale makan ati begituh. :')
Kesimpulan: Another Edward-Bella-Jacob love triangle. -___-"

Tentang Kostumnya
Ini dia, bagian yang paling gue suka dari film ini terutama gaun-gaunnya! Salah satunya adalah wedding dress-nya Katniss yang dirancang oleh desainer Indonesia Tex Saverio:


Yang paling gue suka sesungguhnya adalah gaun mockingjay hasil transformasi dari gaun di atas. Keren maksimal :)) Tapi di google gak nemu foto yang tampak depan, palingan yang ini ajah:


Can't wait for The Hunger Games: Mockingjay Part 1 and 2 (Nov 2014 and Nov 2015)!