"Non, saya nggak balik, ya."

Empat kata yang kayaknya jelas jadi momok orang-orang yang hidupnya sangat terbantu dengan kehadiran asisten rumah tangga (ART). Salah satunya gue.


Sejujurnya gue pernah berada di masa-masa punya ART yang gonta-ganti setiap tiga bulan, sampai akhirnya gue jadi males sendiri karena setiap ada ART baru jadinya harus ajarin ulang lagi. Samalah capeknya sama beresin sendiri kalau menurut gue hahaha. Jadilah sempat vakum lama tanpa ART, terus sempet ganti-ganti dua atau tiga kali gitu (sampai lupa lho gue, huahaha).... Dan dipertemukanlah keluarga gue dengan ART yang bertahan hampir setahun (dari abis lebaran 2016 sampai jelang lebaran 2017).

Melegakan banget karena yang bersangkutan habis tiga bulan gak minta pulang, terus pertama kali tahu juga karena ada anggota keluarga jauhnya yang juga jadi ART di tempat temennya salah satu kerabat gue. Aman deh, sekali dikasih tahu pinter dan lama-lama udah hafal harus ngapain. Gue pun semakin lega, santai, dan gak capek-capek amat di kantor. Pas jelang pulang mau lebaran pun doi bilang seminggu habis lebaran bakalan balik kerja lagi. Jaminannya? Dia masih meninggalkan pakaian-pakaian rumah plus beberapa hal lainnya kayak handuk, sisir, dan mukena.

Amanlah gue pikir.

Tiga hari sebelum hari seharusnya ART favorit ini kembali, gue SMS aja nanyain kira-kira bakal sampai jam berapa di rumah. Terus dia balaslah SMS gue dengan empat kata yang paling-paling males gue denger (apalagi memang sebelum lebaran gue udah bilang kalau gak mau balik gapapa tapi kasih tahu dari sekarang supaya bisa cari lain). Langsung telepon... Cus, katanya doi mau nikah dan barang-barang yang dia tinggalkan di rumah gue pun sudah dia pasrahkan.

Ya sudah, tentu juga gak mungkin kita paksain harus balik (meski udah dibujuk-bujuk). Mamam deh, terus ini beberes rumah dikerjain sendiri lagi dong? Akhirnya dicariin ART lagi, dapatlah seseorang yang pas habis kenalan sama gue langsung bertanya....

"Non, password Wi-Fi nya apa ya?"

*facepalm* ART-ku milenial sekaleeee! =)) Karena pernah ada ART lain yang pernah lumayan menyedot sinyal internet di masa silam gara-gara nonton Youtube melulu, akhirnya gua usulkan doi untuk pakai paket internet murah meriah aja. Eh, gak tahunya doi hanya bertahan 10 hari di rumah gue. =___=" Dan tanpa alasan yang jelas pun karena setiap ditanya orang yang beda, dia pun beralasan berbeda. Ya sudahlah yang gini-gini langsung OK-in aja kalau mau cabut.

Akhirnya Lynn punya ART lagi nggak? Alhamdulillah ada, ART sekarang dari NTB jadi semoga gak gampang minta balik (secara hampir seminggu aja dong naek kapal ke sono) plus pernah kerja di Malaysia sebelumnya. Kemampuan dasarnya udah OK banget, jadi tinggal dikasih tahu aja kebiasaan-kebiasaan di rumah.Semoga yang kali ini awet deh yaaa...

Kalian sendiri punya balada ART kayak gini gak, readers? Yuk cerita di komen!