Tagar #NontonGhibli ini sebenarnya sudah wara-wiri di lini masa Twitter gue cukup lama. Dari lini masa yang sama tahun lalu, gue jadi tahu bahwa Totoro itu dari Ghibli. Tapi serius, waktu itu belum ngeh kalau Ghibli ini adalah studio animasi kayak Disney dan Pixar. Sampai akhirnya di suatu hari, pacar mengajak nonton Spirited Away, film tahun 2001 yang mendapat piala Oscar. Film yang juga mengalahkan Lilo & Stitch. Ebuset, Lilo & Stitch bagus gitu ceritanya masih ada yang mengalahkan? Oke deh kita kudu nonton kalau begitu.

Menyadari bahwa film ini rilis udah lama tapi diputar di bioskop, tentu logika gue jalan dan bertanya: "Ini yang Ghibli-Ghibli itu, ya?"

Ampuni aku dengan segala ketidaktahuanku. -___-"


Spirited Away ini bermula dari Chihiro dan orang tuanya yang lagi dalam perjalanan pindah rumah, namun mereka jadi tersasar karena bapaknya Chihiro salah belok. Manalah bapaknya Chihiro itu tipikal orang yang  keponya setengah mati. Udahlah mobilnya mentok di salah satu bangunan, eh doi penasaran di balik sana ada apa. Sesampainya di ujung satunya, setelah melewati tangga, lho kok kayak ada kehidupan lain ya? Ada banyak kedai-kedai namun tidak kentara batang hidung siapapun di situ selain mereka bertiga. Bapak dan ibunya Chihiro kemudian menemukan sebuah kedai yang banyak makanannya, dan mereka tidak bisa berhenti makan. 

Malam pun tiba, dan apa yang terjadi? Bapak dan ibunya Chihiro berubah jadi babi! Ternyata saat malam hari, daerah ini menjadi "hidup". Lalu, bagaimana nasib Chihiro selanjutnya dan apakah ia dapat kembali ke dunianya bersama orang tuanya dengan wujud manusia?

-----------------------------------------------------

Ternyata filmnya bagus sodara-sodaraaaa! =)) Akhir cerita tentunya ketebak lah ya, tapi plotnya oke banget. Terlepas dari gue yang selalu punya ketakutan tersendiri setiap lihat tokoh nenek-nenek digambarkan di anime Jepang ya (I actually skipped a chapter in Detective Conan's comic due to it, serem bro haha). Terus meski akhirnya sudah ketebak, happy ending, namun gue masih penasaran kira-kira mereka sudah berapa lama ya ada di dunia lain itu? Jangka waktu itu hanya digambarkan dengan mobil mereka yang udah berdebu dan banyak ranting serta daun yang gugur menimpanya. Kan jadi penasaraaaaan, sama penasarannya kayak nonton ending-nya film Inception. Satu lagi yang patut diapresiasi, subtitle-nya kece badai! :P

Pesan moral film ini menurut gue adalah....
1. Gak usah kepo-kepo lah jadi orang. 
2. Kalau kerja yang tulus :)

Jadi, apakah kami bakalan nonton My Neighbor Totoro bulan depan? Tentu saja. Pengen nonton juga? Cus, beli tiketnya secara daring di sini.