Kejadiannya Jumat lalu, gue UTS salah satu mata kuliah lintas fakultas di fakultas tetangga. Gue kurang tau kan ya metode dan tradisi mereka kalau lagi UTS itu seperti apa, yang gue tau ya cuma ada jadwal khususnya aja (gak kayak fakultas gue yang jadwalnya ditentukan sendiri sama dosennya - mirip-mirip ulangan sumatif zaman sekolah dulu deh). 

Ekspektasi gue, palingan ya sama aja kayak di fakultas gue. Dateng sebelum jam ujian, duduk manis di kelas sambil belajar sampai dosen dan pengawas ujiannya datang untuk bagiin soal dan kita start ujian. Kemarin gue kebetulan datengnya mepet. Jadwal UTS jam 8, gue dateng jam 7.50. Nah, sesampainya gue di gedung UTS dilangsungkan (niatannya mau masuk ke kelas), eh kelasnya ternyata masih dikunci. Gak lama kemudian, ada pengawas ujian (yang gue rasa masih mahasiswa juga :| ) masuk ruang ujian itu, dan kita gak dikasih masuk barengan dia. Harus nunggu di luar dulu gitu.

Oke deh, ternyata tradisi di sini ya mirip-mirip sama keadaan gue SMA dulu. Gak boleh masuk sebelum bel bunyi. Tapi waktu SMA sih boleh aja tuh masuk barengan pengawasnya. Hahaha. Oh, satu hal yang sama lagi... Pas masuk ruang ujian, tas disuruh ditaruh di depan kelas.

Ketika kita diizinkan untuk masuk ke ruang ujian, wah ternyata di meja masing-masing udah ada kertas lembar jawab sama lembar soal. Pikir gue: Wah gile niat abis, berarti masuk langsung kudu ngerjain soal nih.

Gataunya....

Tas disuruh ditaruh di depan kan, oke I did that thing sebelum nyamper ke meja. Setelah itu, harusnya langsung pada buru-buru dong yaa ambil kotak pensil terus duduk manis kerjain soal.

Yang ada malahan pada masuk kelas, duduk di kursi.. Liat-liat soal.. Maju ke depan taruh tas.. Beberapa malah ada yang diskusi abis baca soal. Terus pengawasnya cuek aja. Selang beberapa menit, barulah dia nyuruh kita ngerjain soal-soalnya bertepatan dengan dosen mata kuliah ybs dateng. Dosennya sempat ngeliat ada yang diskusi tapi cuma negur bilang "jangan diskusi ya udah gak boleh."

INI APA-APAAN SIK. -__-"
That's kinda gross sih sebenernya.
Gagal paham. :|