Kegilaan tesis gue makin menjadi-jadi karena jelang akhir November pun tesis gue masih nyangkut di Bab 1 dan Bab 2-nya masih ditolak dosen pembimbing. Sementara pendaftaran seminar hasil penelitian tesis (alias sidang pra-tesis - gue juga kurang mengerti kenapa harus dua kali begini), adalah awal Desember. Amsyong? Jelas. Gue yang awalnya slow motion kayak kungkang alhasil gerak secepat kilat kayak Flash the Sloth di film Zootopia

Dua kali lembur di kantor, ngebut ngerjain Bab 2 dan Bab 3 sampai jam 11 malem... Akhirnya kelar juga bos Bab 1-3 tesis gue! Sisaan tinggal Bab 4 yaitu kesimpulan dan saran yang bisa dikerjain pasca sidang pra-tesis. Kenapa gitu sampai harus lembur di kantor? Karena kalau di rumah, gue ngantuk melulu alhasil jadi males nyalain laptop. Selasa kemarin akhirnya gue ambil cuti dari kantor supaya bisa menyelesaikan segala urusan administrasi di kampus. Gue berangkat dari rumah kira-kira jam 11-an, langsung dapat kereta di Stasiun Tanah Abang, tapi baru tiba di kampus Depok jam.... 12.20-an. Buset dah itu antrean di Manggarai lama beneeeer!

Tujuan utama gue ke kampus sebetulnya adalah minta tanda tangan kartu ujian ke pembimbing akademik dan menemui dosen pembimbing, menerima input dari beliau untuk kemudian gue perbaiki sebelum gue daftar seminar pra-tesis. Apa yang terjadi? Sudah rahasia umum kalau dosen pembimbing gue memang males sama kewajiban seminar pra-tesis ini, jadilah dia bilang ke gue untuk buruan daftar aja buat formalitas. Te-terus gimana? Ya soal isi nanti aja dibahasnya pas seminar. 

Ebuset.

Gak siap dong gue dibantai pas seminar. Kemudian gue diskusi panjang sama dia (dan barengan anak S1 yang lagi skripsian sama doi), nanya ini-itu dan menembak bahwa gue perlu dapet input sebelum seminar pra-tesis. Akhirnya dia mengalah dengan mengizinkan gue untuk menelepon dia minta feedback, telepon mana yang belum gue lakukan sampai hari ini =))

Sore itu akhirnya gue langsung menyunting tesis gue di laboratorium komputer kampus. Ada kisah unik sehubungan dengan hal ini. Usai ngobrol sekilas sama Linda, temen seangkatan dari S1 sampai sekarang, gue bilang ke dia gue mau ke labkom. Dia stay depan sekretariat karena lagi nungguin dosen. Melipirlah gue ke tempat yang gue kira labkom... Dulu zaman gue S1 sih labkomnya di situ! Tapi gak taunya malah berubah jadi kafe fancy gini:


Emang laku gitu ya kafe all you can eat yang harganya berkisar 40 - 70 ribu Rupiah ini di kampus? Entahlah, ntar tinggal dilihat aja berapa lama bertahannya. Lagipula, fakultas gue kan memang inisialnya Fakultas Hedon bhahahahak! Gue panik dong pas liat wujud labkom gue udah berubah begini, akhirnya balik lagi ke tempatnya si Linda dan bertanya dengan pasrah.....

"Lin, kita sekarang gak punya labkom ya? Kok jadi kafe gitu?"
"Hah lu ke mana ajaaaaa? Sekarang labkomnya di kantin lantai 2!" *sambil ngakak*

Lah, yang kafe letaknya jauh gitu dari kantin. Sementara labkom ditaroh di kantin. Gimana sih? =''))) 

Ya udah, setelah menyunting tesis (termasuk membuat daftar isi dan daftar pustaka), gue langsung segera nge-print 3 rangkap tesis buat syarat pendaftaran di tempatnya kang potokopi kesayangan di kantin. Gak terasa ternyata udah bertahun-tahun ya gue sangat merepotkan dia dengan urusan fotokopi segala macem urusan akademik :) Terus, pas daftar seminar pra-tesis ternyata gue ketemu pembimbing skripsi gue dulu, yang surprised dan ngecengin gue bahwa gue jadi sidang semester ini. Soalnya gue sempet curhat ke doi karena resah dan gelisah takut tesis kagak selesai padahal udah bulan Oktober!

Selesai deh urusan hari itu. Gue seneng banget ambil cuti, jadi gak ada desakan buat cepet-cepet balik kantor dan menebus jam kerja yang gue tinggalkan. Rasanya jadi santaaaaai dan jadi mahasiswa seutuhnya *tsah*. Jatuhnya jadi stroll down memory lane gitu deh. Berangkat ke kampus naik kereta, nyantai di perpustakaan ngoprek buku (Do you know that section 899-900 awal menarik banget?), ketak-ketik di labkom, ngobrol sama kang potokopi dan dosen~ Dan karena ke kampus di weekday, kehidupan kampus juga lagi hidup-hidupnya dengan segala macem kegiatan dan tumpah ruah mahasiswa. Seru!