Dulu gue pernah baca tulisannya Om Manampiring yang kurang lebihnya mengatakan bahwa pilihlah pekerjaan pertama kamu di tempat yang sudah dikenal orang. Lupa sih beliau tulis di mana, karena gue mengikuti Twitter, blog, dan AskFM-nya. Alasannya sederhana: Supaya terlihat bagus di CV kamu.

Gue mungkin salah satu dari sekian orang yang nekat memutuskan untuk memilih pekerjaan pertama di tempat yang gak biasa: start-up. Jelas bukan start-up seperti Kaskus, Tokopedia, GO-JEK, atau BukaLapak, ya. Benar-benar baru didirikan di Indonesia, mencoba untuk masuk di pasar Indonesia. Gue pun dapat info tentang pekerjaan tersebut via Twitter. Millennial abis, kan? =))) 

Dan jujur gue cukup struggle untuk menjelaskan ketika ditanya oleh interviewer ataupun kolega-kolega di kantor yang baru saat ini: "Dulu kamu kerja di mana, Lynn?"

Gue sebut namanya juga orang-orang banyak yang gak tahu. Ya mungkin juga karena gue pindah industri kerja, kan. Paling banter gue cerita aja zaman di kantor lama kerjaan gue apa. Nyesel sih nggak sama sekali, toh gue bisa sambil kuliah master; juga kenalan sama orang-orang dengan skill dan relasi yang luar biasa. Satu lagi, bahasa Inggris gue terlatih banget karena bos-bosnya bule semua. Dulu level gue bisa sampai otomatis ngomong Inggris tanpa mikir. Sekarang karena jarang dilatih jadi menurun, kalau con-call sama bule baru deh kepake dan jadi a-o-a-o dulu gitu huks. 

Jadi ya memang banyak hal yang dapat dipelajari dari konsekuensi pilihan kita; dan semuanya ada baik buruknya lah. Kalau kerja di perusahaan yang udah terkenal juga kayaknya sulit kan masih jadi cungpret* udah minta S2. Tapi kalau gue boleh kasih saran buat para lulusan baru, it's better to go with the big names first. Satu, emang buat CV. Dua, banyak orang hebat dan berpengalaman di situ yang bisa kasih kamu banyak pembelajaran. Tiga, kamu jadi selalu dituntut buat belajar (well, big companies have a lot of employees, it's a game on for promotions, dude; you should adapt and work hard). Empat, jenjang karirnya juga lebih jelas. Terakhir, ya jadi gak ribet-ribet amatlah kalau menjelaskan dulu pernah kerja di mana, hahaha!

Menurut kalian gimana, readers? Cerita dong tentang pekerjaan pertama kalian!


Catatan:
* cungpret : singkatan dari kacung kampret, alias karyawan dengan jabatan yang tergolong rendah di kantor.