"It's not about saving our world, it's about saving theirs."


Judul: Ant-Man
Sutradara: Peyton Reed
Pemain: Paul Rudd, Michael Douglas, Evangeline Lilly, Corey Stoll
Durasi: 117 menit

Scott Lang (Paul Rudd) adalah seorang bekas narapidana yang sedang kesulitan mencari pekerjaan karena statusnya tersebut. Akibatnya, ia pun jadi sulit menemui anaknya: Cassie (Abby Ryder Fortson), yang selalu menganggap ayahnya adalah jagoan. Demi dapat memenuhi biaya tunjangan anak dan karena dipengaruhi teman-temannya, Scott jadi mencuri lagi. Siapa sangka, pencurian tersebut berujung membuatnya jadi superhero. Hank Pym (Michael Douglas) adalah orang yang ia rampok, sang pencipta kostum Ant-Man. Film ini menunjukkan kita bahwa 'heroes don't get any bigger'. Scott sebagai Ant-Man harus segera menyelamatkan dunia dari ide gila Darren Cross (Corey Stoll) yang juga dapat berubah menjadi seukuran semut sebagai Yellowjacket. Plus, memperbaiki hubungan Hope (Evangeline Lilly) dengan Hank Pym.

AJIGILE MAK. BEST MARVEL MOVIE EVER, I must say. Sebagai penghubung Marvel Cinematic Universe Phase 2 dan Phase 3, film ini memuat banyak banget trivia yang terkait dengan film-film Marvel lainnya. Makin gak sabaaar! Jujur aja gue awalnya kurang antusias dan nonton film ini for the sake biar nyambung sama Marvel Cinematic Universe yang udah dirancang aja. (Aslik, MCU ini ide brilian banget buat bikin kita bayar tiket nonton terus!).

Kenapa terbaik sejauh ini? Orang-orang mungkin bilang Guardian of the Galaxy itu salah satu film Marvel yang paling kena pesan moralnya, tapi menurut gue Ant-Man ini jauh lebih keren sih. Bahwa seorang bokap adalah superhero di mata anak gadisnya. Bahwa hampir selalu, white lie itu dilakukan demi kebaikan seseorang. Bahwa orang tua tidak ingin mengorbankan anaknya sendiri. Bahwa sebuah ambisi yang terlalu besar dapat membutakan dan menelan diri kamu sendiri. Dan bahwa potongan rambut bob senantiasa hits dan membuatmu keliatan kece. HAHAHA.

Ada beberapa appearance dari personel MCU lainnya kayak Peggy Carter (Hayley Atwell), Falcon (Anthony Mackie), dan tentunya orang paling bahagia di dunia saat ini: Stan Lee (cari sendirilah kali ini dia jadi siapa). Tempo film pas, gak kelambatan dan gak kecepetan. Transisi dari ant-view jadi human-view juga mulus dan gak bikin pusing. Agak ganggu pas banyak semut di-zoom; sampe merinding disko (tapi yah judul filmnya aja semut gitu)! Plotnya sendiri keren banget. Dari sisi aktor: sedikit berharap Scott Lang itu adalah Bradley Cooper, sayangnya si Bradley udah keburu jadi rakun di Guardian of the Galaxy :P  Dari sisi humor: SUKA! Semuanya berhasil bikin cekikikan, porsinya juga pas dan gak maksa kayak Avengers: Age of Ultron. Dari sisi humanity: KENA! Baik hubungan seseorang dengan orang lainnya, maupun hubungan seseorang dengan binatang. Dari sisi soundtrack: ME LAFF.

Suka deh pokoknya! Sekadar catatan, film ini punya DUA after credit scene, jadi jangan bodoh kayak saya tengah-tengah credit langsung cabut jadinya cuma nonton satu. Terus, perhatikan pula gantungan kunci yang suka ditenteng-tenteng sama Hank Pym.