Tahun lalu, gue sempat berkesempatan untuk merasakan magang di kantor notaris selama kurang lebih 2 bulan. Tahun ini, makin rame deh tuh teman-teman seangkatan gue yang magang di sana - sini; paling jamak sih ya yang di lawfirm gede ibukota. Gue akhirnya memilih untuk melakukan magang di salah satu instansi Pemerintah di Jalan H.R. Rasuna Said (nah loh? Instansi yang mana, silakan tebak sendiri :P) selama empat minggu (1-26 Juli!). Magangnya pro bono alias tidak digaji (tidak ada anggaran di APBN untuk pegawai magang kan). Jadi, ya gue bener-bener cuma buat isi liburan aja nih dan sekalian nyari ilmu.

Kenapa pilih untuk magang di instansi Pemerintah? Pertama, mumpung masih mahasiswa. Masih punya idealisme lah istilahnya; atau tidak punya kepentingan politik/ ekonomi apapun gitu. Analisis apapun yang gue ungkapkan murni akademis. Kedua, berhubung sekitar minggu kedua magang itu sudah memasuki bulan puasa... Instansi Pemerintah pulangnya jauh lebih cepat. HAHAHAHA #plak

Dan tahun ini magangnya gue tidak sendiriiii! Gue barengan sama si Momon, teman seangkatan di kampus yang gue udah kenal dari Facebook pas nyari teman sekelompok buat ospek universitas. Ternyata, kita juga sama-sama KMK, terus sama-sama ngambil peminatan perdata, terus udah get along sampai sekarang deh! Mulanya dia bingung liburan ini mau magang dimana, langsung saja gue ajak ikutan magang di instansi ini :))

Hari pertama magang, gue datang semacam kepagian gitu dan nunggu lama buat ketemu pembimbing magang yang juga dosen di kampus gue. Long story short, kami dilimpahkan untuk belajar di Tim 3 Bidang Penyelesaian Laporan gitu. Jadi, kami diperkenalkan dengan anggota-anggota dari Tim 3 ini hari itu juga. Mulanya sih (menurut pembimbing magang), kami stay di Tim 3 untuk 10 hari gitu, tapi ujung-ujungnya kami berdua betah banget di tim ini dan memutuskan untuk lanjut saja sampai habis di Tim 3 ini. :)) Kami berdua emang agak berbeda dengan temen-temen lain yang juga magang di instansi ini. Mereka pindah-pindah bagian setiap seminggu/dua minggu gitu. Kalau kami malah di satu tim terus dan bantu semua kerjaan mereka.

L-R: Pak Udin, me, Pak Nyoto, Mas Putra, Mba Santi,
Mba Sita, Mas Agung, Momon, Mas Indra

Ini dia geng Tim 3 (ditambah Mas Putra dari Tim 1)! Mba Santi dan Mba Sita ini ruangannya terpisah di lantai 5, sementara the boys ruangannya di lantai 6. Gue dan Momon gabung sama mereka di lantai 6, kurang lebih kondisi kami memang agaknya seperti perawan di sarang penyamun. =))) Ternyata, mereka tidak kaku sama sekali dan malahan suka bercanda. Apalagi kalau ada Pak Yustus (anggota Tim 5) yang main ke ruangan kita, gue bisa gak berhenti ketawa. Salah satu faktor yang bikin kita betah juga nih sebenarnya: semua ramah, suka bercanda, jadi kita juga gak tertekan. Info tambahan yang bikin betah juga: mayoritas di ruangan itu ndak puasa, dan yang puasa juga selow banget kalo digodain ataupun kalo kita makan di ruangan. Jadilah gue sama Momon sering bawa bekal dan cuek aja makan di meja masing-masing :P

Selama magang banyak banget hal-hal yang berkesan, di antaranya: ngubek-ngubek slide mata kuliah yang udah kami ambil beberapa semester lalu karena kita lupa pengaturannya gimana, ikutan ketemu Pelapor, analisis kasus-kasus, bikin draf produk hukum/ surat dari instansi tersebut... Ikut menyaksikan proses mediasi dan proses tanya-jawab dengan ahli... Terus ngobrol-ngobrol ringan atau nge-aposeh-in suatu kasus di ruangan (apalagi sama Momon, yang ujung-ujungnya kadang ketawa bareng kadang saling nyela)... Bercanda-bercanda seru hore sama orang-orang seruangan yang sangat jenaka... :'')

Hari ini, hari terakhir kami magang... Gue dan Momon beli Breadtalk buat dibagiin kepada mereka dan salah satu OB yang cukup sering ngobrol dan bantu kita (Mba Nur). Di atas kotak Breadtalknya, dikasih kertas ucapan makasih gitu deh lalu ditaroh di meja mereka. :"> Ceritanya biar surprise lah gitu. Gataunya kita malah dikasih surprise balik... Bilangnya mau rapat jadi ngumpul di ruang rapat, eh pas kami masuk... Kami disyut pake handycam. Baru deh kita rekaman bareng numpahin kesan-pesan ke kamera... Dan tetep sambil bercanda dan ketawa ngakak-ngakak. Sweet banget gak sikkkkkk~~~


Maafkan kelakuan kami :))
Tapi kekonyolan ini bakal ngangenin sih :')))

Dari Pak Yustus, balesan kita ngasih Breadtalk. Unyu banget ya :))

Overall, magang yang sangat berkesan dan menyenangkan! Terima kasih untuk Tim 3 yang sudah memberikan banyak ilmu (masih pengen banyak diskusi terkait kasus-kasus yang sempat gue baca dan analisis; sayangnya waktunya kurang) dan maaf karena aku suka datang terlambat~ Terima kasih Momon atas bercanda-bercandanya dan obrolan-obrolannya yang gak abis-abis tiap hari! Untunglah kita kagak satu kamar kosan, bisa enggak tidur-tidur karena ngobrol (kata Pak Udin). Hahaha.

Well, ada pertemuan ada perpisahan. Tapi kita (semoga) bakalan ketemu lagi satu sama lain. Toh kita semua masih melihat matahari yang sama. #ahzeg #tsaah


Catatan:
- Seluruh foto diambil pada hari ini, hari terakhir gue magang.
- Untuk kalian yang tertarik magang di instansi Pemerintah, berdasarkan pengalaman gue di instansi ini... Tinggal kirim Surat Pengantar dari Fakultas, Cover Letter, sama CV kalian aja. Denger-denger ada juga beberapa instansi yang minta proposal magang. Good luck!